Hari ini, 12 tahun yang lalu Aceh Berduka. Bumi Serambi Makkah diluluh hantakkan oleh gempa bumi dan gelombang tsunami. Gempa bumi berkekuatan 9 SR yang disusul dengan gelombang Tsunami benar-benar meratakan Aceh dengan tanah. Nyaris tak ada kehidupan yang tersisa. Hanya tumpukan mayat, bangunan hancur  dan pohon yang tersisa akarnya saja. Hampir 200 ribu orang meninggal akibat musibah ini.

Dunia langsung bergerak. Bantuan tak hanya datang dari daerah-daerah lain di Indonesia, melainkan juga dari dunia Internasional. Tak kurang dari Arab Saudi, Turki, Amerika, Inggris, Rusia dll, ikut serta membantu bumi Rencong pulih seperti sedia kala. Ribuan relawan datang membantu memakamkan mayat, mendirikan kamp darurat, mengobati yang terluka baik fisik maupun psikis dll. Mereka datang sukarela demi kemanusiaan.

tsunami-aceh-2

Kini, 12 tahun telah berlalu. Bumi Aceh telah pulih seperti sedia kala. Namun, bencana itu tidak luput begitu saja dari ingatan. Untuk itu, Pemerintah Aceh menggelar dzikir bersama dan memberikan santunan kepada 600 anak yatim dalam rangka Peringatan 12 tahun Tsunami Aceh di Taman Ratu Safiatuddin, Banda Aceh, Ahad (25/12/2016).

Plt. Gubernur Aceh, Soedarmo mengajak masyarakat Aceh untuk berdo’a agar Aceh terhindar dari musibah dan cobaan. Beliau berpesan agar tantangan dan musibah ini dihadapi dengan tawakkal dan sabar kepada Allah SWT.

Advertisements