Sebelum kita mulai Materinya, Bayangkan Bahwa Kalian Pasti Bisa Kuliah Ke Luar Negeri…

Tanamkan Pada Diri Kalian :

  1. Saya Akan Kuliah Ke Luar Negeri
  2. Saya Akan Kuliah Ke Luar Negeri
  3. Saya Akan Kuliah Ke Luar Negeri
  4. Kuliah Ke Luar Negeri Itu Mudah
  5. Kuliah Ke Luar Negeri Itu Mudah
  6. Kuliah Ke Luar Negeri Itu Mudah

Yakinkan Pada diri Anda Semua Bahwa Kalian Bisa Menggapai Mimpi Kalian untuk Kuliah Ke Luar Negeri

Oleh karena kalian memiliki Keinginan Kuat untuk Kuliah keluar Negeri, Deklarasikan Impian Kalian Malam ini juga…

DEKLARASI IMPIAN

Yang Bertanda Tangan di bawah ini, saya:

Nama :

TTL :

Alamat :

Memiliki Impian untuk Kuliah di luar negeri.

Saya ingin mengenyam pendidikan di :

Negara :

Universitas :

Jurusan :

Saya percaya, dengan kuliah di luar negeri, saya akan menjadi pribadi yang lebih baik. Saya memiliki masa depan yang lebih cerah. Dan, setelah saya lulus dari luar negeri nanti, saya bisa memberikan kontribusi yang terbaik bagi Indonesia tercinta.

Saat ini, saya sedang berjuang mewujudkan mimpi tersebut. Saya bertekad, akan berangkat kuliah Keluar negeri pada bulan… tahun…

Saya akan terus mengejar mimpi saya dengan konsisten, hingga mimpi tersebut tercapai.

Dengan izin Tuhan Yang Maha Esa, serta kerja keras, semangat pantang menyerah, doa dan ridho orang tua, saya sangat yakin, mimpi ini akan terwujud.

Kuliah di luar negeri? pasti saya bisa!

Indonesia, ….

Hormat saya,

 

(          )

niat

LANGKAH SATU : MANTAPKAN NIAT

Bagaimana Cara Memantapkan Niat? Temukan Alasan Kuat Kuliah Ke Luar Negeri :

1. Kuliah Ke Luar Negeri Memberi Anda Pengalaman, Perspektif baru dalam Memandang Kehidupan

Pengalaman! Ya, Ini merupakan alasan yang paling sering dilontarkan oleh Mahasiswa Indonesia di negeri orang. Mereka merasa, pengalaman hidup di negeri orang jauh lebih berharga dari hal-hal lain yang didapat ketika kuliah ke Luar negeri. Pengalaman dan hidup di luar negeri membuat kita lebih dewasa, lebih bijaksana, dan lebih cerdas dalam memandang hidup. Selain itu, pengalaman tinggal di negeri orang akan membuat kita makin cinta dengan Indonesia.

2. Kualitas Pendidikan yang Lebih Baik

Tidak bisa dibantah, bahwa kuliah di luar negeri, terutama di negara-negara maju, akan memberi kita akses ke pendidikan yang lebih baik. Kita bisa nikmati fasilitas pendiidkan kelas internasional, laboratorium super canggih, kurikulum kelas dunia pengajar-pengajar yang sudah berkeliling dunia memberikan seminar, dan masih banyak lagi.

3. Prospek Kerja yang Lebih Cerah

Lulusan luar negeri dikenal mampu mendapatkan pekerjaan bergaji tinggi dengan mudah. biasanya, perusahaan-perusahaan besar juga lebih respek ketika mengetahui bahwa kamu adalah lulusan luar negeri. Mereka yakin bahwa kamu tidak hanya memiliki kompetensi internasional secara akademis, tetapi juga lebih dewasa dan lebih tangguh karena berhasil “bertahan hidup” di negeri orang. hehe ^_^

4. Lebih Keren

Alasan ini memang lebih terlihat seperti kekanak-kanakan. Tapi, memang lulusan luar negeri akan dipandang tinggi dimata masyarakat Indonesia. Mereka dianggap mampu meningkatkan status sosial keluarga. Tak hanya itu, nama baik keluarga juga akan lebih terangkat. Siapa sih yang ngga mau bikin orang tua merasa bangga sih?

5. Super Fun

Siapapun pasti tidak akan melewatkan kesempatan jika ditawari beasiswa kuliah ke luar negeri. Bagaimana tidak, kemu akan merasakan hidup di lingkungan baru, dimana bahasa, budaya dan kondisi alamnya berbeda jauh dengan yang selama ini kamu alami. Kamu bisa belajar banyak hal baru, mengunjungi tempat2 baru, dan mengusai berbagai keterampilan baru. Lebih asyik lagi, jika kamu kuliah dengan beasiswa dan beasiswanya banyak. Jadinya, kamu berkesempatan untuk menabung sebagian uang beasiswa, hitung-hitung sebagai modal ketika kelak kembali ke Indonesia.

Nah, itu beberapa alasan kuat untuk berkuliah ke Luar Negeri.

Sebutkan 5 Alasan Kalian Kuliah Ke Luar Negeri!!! ^_^ (Tuliskan Dalam Catatan Kalian Ya…)

6-1024x546

LANGKAH DUA : TENTUKAN JURUSAN, NEGARA DAN UNIVERSITAS

Langkah Pertama yang harus kamu ambil adalah menentukan jurusan, negara dan universitas. Biasanya, urutan pertama adalah jurusan terlebih dahulu. Setelah yakin dengan jurusan yang akan akamu ambil, selanjutnya menentukan negara tujuan kamu menuntut ilmu. Ketemu negara dan jurusan, langkah selanjutnya adalah menentukan universitas yang tersedia di negara tersebut. Urutan ini tidaklah mutlak, tapi karena kuliah ke luar negeri merupakan suatu hal yang harus dilakukan dalam jangka panjang, maka sangat disarankan untuk menentukan pilihan mulai dari jurusan dulu.

210117_we-connect-diary_ppi-kota-den-haag

LANGKAH TIGA : RISET DI GOOGLE DAN TANYA PPI

Untuk riset mengenai universitas yang cocok dengan bidang studi kamu nantinya, ada 2 metode yang bisa dipakai. Pertama, mencari sendiri via Google dan kedua, bertanya langsung ke mahasiswa Indonesia yang sudah berada disana. Akan lebih baik lagi, jika kamu menggabungkan kedua metode tersebut saat mencari universitas di luar negeri.

Bagaimana cara menemukan universitas yang tepat untuk bidang studimu?

Jawabannya sangat mudah. Gunakan saja mesin pencari “Google”. Ketikkan saja kata kunci berikut ini di kotak pencarian :

“University in (Negara) for (Jurusan) (Bachelor<S1>/ Master <S2>/ PHD <S3>)

Semua yang diberi tanda kurung diganti menggunakan bahasa inggris ya… Hehe ^_^

Setelah itu, beberapa informasi yang perlu kamu perhatikan:

  1. Jika Web tersebut belum berbahasa inggris, ganti dulu bahasanya menjadi bahasa inggris agar informasi yang kamu dapatkan lebih akurat.
  2. Masuklah ke bagian “admission”, lalu “international student”, lalu jenis program studi yang kamu pilih.

Informasi yang perlu kamu catat baik-baik adalah:

  1. Ketersediaan Jurusan
  2. Deadline Pendaftaran, kapan waktu terakhir untuk mendaftar. Kapan saja pendaftaran dibuka dalam satu tahun.
  3. Persyaratan. Dokumen apa saja yang diperlukan. Tes apa saja yang kamu perlukan untuk diterima di Universitas tersebut.
  4. Biaya. Berapa rincian biaya studi di Universitas tersebut. Berapa pula perkiraan biaya hidup, biaya tiket pesawat, dan biaya-biaya lain saat belajar di negara tersebut.

Atau kamu juga bisa mengunduh “prostectus” atau brosur pdf universitas tujuan kamu belajar.

Setelah mendapatkan informasi2 tersebut, sekarang kamu bisa bertanya ke grup Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) baik di grup Fb maupun di web resminya. Gunakan pertanyaan2 yang sopan dan jangan lupa untuk memperkenalkan dirimu dulu.

beasiswa

LANGKAH EMPAT : DENGAN BEASISWA ATAU BERJAYA TANPA BEASISWA

A. Alur Kuliah ke Luar Negeri dengan Beasiswa (Milis, Grup Beasiswa, Web Universitas, Web KeduBes, PPI)

a. Jika berminat mencari beasiswa, ada berbagai media yang harus kamu perhatikan:

– Mailing list / Milis : grup beasiswa yang secara rutin mengirimkan informasi langsung ke emailmu.

– Grup beasiswa : Ada sangat banyak grup yang menyediakan informasi tentang beasiswa secara cuma-cuma.

– Web Universitas Tujuan : Beasiswa langsung dari Universitas biasanya ditemukan dibagian “scholarships”, “financial aid” atau Grants”. Rata-rata, beasiswa dari Universitas akan diberikan setelah kamu dinyatakan diterima.

– Web PPI : Jika melalui PPI, kamu akan berinteraksi langsung dengan Pelajar Indonesia yang sudah belajar disana. Terkadang, mereka juga akan membantumu mendaftarkan diri ke beberapa Universitas negara tersebut.

– Web kedutaan Besar negera tujuanmu : Cek juga web kedutaan besar. Disana selalu terdapat informasi seputar tes beasiswa maupun pertukaran pelajar. Masuk saja ke bagian “Culture and Education”, lalu cari peluang “Scholarship” atau “Exchange”.

b. Tahapan Tes Beasiswa :

– Tes Dokumen

Kamu diminta untuk mengirimkan dokumen2 dg keriteria tertentu, semisal dokumen ijazah dan sertifikat TOEFL.

– Tes Tertulis

Setelah lulus tes beasiswa, tahapan selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah melakukan tes tertulis. Biasanya, tes ini dilakukan di Kota-Kota besar, sehingga ada kemungkinan kamu harus pergi ke luar kota.

– Wawancara

Jika kamu lulus tes tertulis, maka kamu akan dipanggil untuk menjalani tes wawancara. Wawancara biasanya mengetes komitmen, wawasan dan kesiapanmu dalam belajar di negara asing.

Namun, yang perlu diperhatikan bahwa format tes beasiswa tidaklah sama, satu sama lain. Ada tes beasiswa yang menggabungkan tes tertulis dengan tes dokumen. Ada yang langsung masuk ke tes tertulis. Ada yang hanya menggunakan tes dokumen dan tes wawancara.

Jika kamu dinyatakan diterima, kamu akan mendapatkan “Letter of Acceptance” (LoA) atau “Surat Penerimaan”. LoA inilah yang bisa kamu bawa untuk membuat visa.

Kemudian Bersiap-siap untuk Berangkat ke Luar Negeri.

B. Alur Kuliah Ke Luar Negeri Tanpa Beasiswa :

a. Ada beberapa cara agar Kamu dapat Kuliah ke Luar Negeri Tanpa Beasiswa :

– Daftar Sendiri

Pada proses ini, kamu harus mengurus semuanya sendiri, mulai dari mengambir formulir online, membayar biaya pendaftaran hingga mengirim balik formulir ke Universitas.

– Daftar Melalui Konsultan Pendidikan Luar Negeri

Pendaftaran melalui Konsultan Pendidikan jauh lebih simple, hanya saja kamu harus merogoh kocek yang cukup dalam. Hal ini karena jasa Konsultan Pendidikan tidaklah murah. Hehe ^_^

– Didaftarkan oleh Pelajar Indonesia yang sedang Kuliah di Negara tersebut

Proses ini paling banyak diminati oleh Pelajar Indonesia yang berniat kuliah ke Luar Negeri. Caranya cukup mudah. Masuklah ke grup PPI, dan mintalah bantuan salah satu pelajar untuk mendaftarkanmu ke salah satu Universitas.

b. Langkah-Langkah Umum JIka Kamu Ingin Berjaya Tanpa Beasiswa di Luar Negeri :

– Menentukan Universitas Tujuan

– Mengunduh Formulir Pendaftaran

– Mengisi Formulir Pendaftaran dan membayar biaya pendaftaran

– Mengirimkan Formulir Pendaftaran yang sudah dilengkapi dengan dokumen2 yang diperlukan.

– Jika kamu dinyatakan diterima, kamu akan mendapatkan “Letter of Acceptance” (LoA) atau “Surat Penerimaan”. LoA inilah yang bisa kamu bawa untuk membuat visa. Dengan LoA ditangan, kamu juga akan lebih mudah dalam mengajukan pinjaman uang kuliah (student loan), mencari sponsor maupun donatur.

– Kemudian Bersiap-siap untuk Berangkat ke Luar Negeri.

persiapan-ke-luar-negeri

LANGKAH LIMA : PERSIAPAN MENUJU KEBERANGKATAN

A. Mencari Informasi Sebanyak-banyaknya tentang Negara yang akan kamu Kunjungi

Tahap ini merupakan tahap yang menyenangkan sekaligus mendebarkan. Kamu harus seksama meriset hal-hal tentang negara tempat kamu tinggal dengan detail. Makin banyak kamu tahu informasi, makin siap kamu hidup di sana.

B. Urusan yang Wajib Diselesaikan Sebelum Berangkat Ke Luar Negeri

Sebelum berangkat ke Luar Negeri, ada hal-hal wajib yang harus kamu selesaikan. Jangan sampai kamu pergi ke negeri orang dengan meninggalkan urusan yang belum beres di Indonesia. Hal-haltersebut, antara lain :

  1. Sebelum Berangkat Kamu Harus Punya Rekening Bank di Indonesia.
  2. Pastikan semua Perizinan sudah Beres dan Clear
  3. JIka ada dokumen yang bisa diperpanjang sebelum kamu berangkat, Perpanjanglah dokumen tersebut.
  4. Jika masih memiliki hutang atau cicilan, segeralah untuk diselesaikan
  5. Jika terpaksa kamu harus berangkat ke luar negeri dulu, tapi masih ada urusan yang harus diselesaikan di Indonesia, pastikan untuk membuat Surat Kuasa.

C. Barang2 yang Wajib Dibawa Saat Ke Luar Negeri:

Ok, setelah visa, paspor, dan tiket pesawat sudah di tangan, sekarang saatnya melakukan persiapan akhir sebelum terbang ke universitas tujuanmu. Barang-barang ini bersifat variasi, tergantung negara mana yang menjadi tujuanmu. Hanya saja, ini merupakan bawaan wajib bagi para pendatang baru. Barang-Barang tersebut antara lain :

1. Makanan

Makanan diluar negeri belum tentu cocok dg lidah orang Indonesia. untuk itu, diharapkan kamu membawa makanan kering ketika tahap adaptasi dengan lingkungan barumu.

2. Obat-Obatan

Siapkan catatan kecil untuk mencatat obat-obatan yang kamu butuhkan ketika sakit. Lebih baik membawa dari Indonesia, karena kamu belum tentu cocok dengan obat negara tujuanmu.

3. Pakaian

Jika kamu berada di negara empat musim, maka kamu perlu memperhatikan mengenai musim. Cek juga jadwal kedatanganmu, apakah musim dingin atau musim panas. Tanyakan pula harga barang2 dukungan untuk kedua musim tersebut.

4. Uang

Pastikan kamu membawa uang untuk memenuhi kebutuhan 3-4 bulan pertama. Kemudian, jangan bawa uang dalam bentuk rupiah, bawalah dalam bentuk Dollar Amerika, karena Dollar AS merupakan mata uang yang paling mudah diperjualbelikan.

5. Buku-Buku Pelajaran

Barang ini tidak terlalu urgent apabila kamu sudah menguasai bahasa Inggris dengan baik. Apabila belum, maka tak apa kamu bawa buku pelajaran dari Indonesia.

D. Kesalahan yang Tidak Boleh Kamu Lakukan Saat Akan Berangkat Ke Luar Negeri:

1. Terlalu banyak Membawa Barang dari Negara Asal

Terlalu banyak membawa barang dari negara asal adalah penyesalan umum dari sebagian besar mahasiswa yang baru saja mulai berkuliah di luar negeri. Sebaiknya koper kamu dikemas dengan efisien. Tinggalkan barang-barang yang dapat kamu beli dengan mudah dan murah di tempat tinggal baru kamu.

2. Tidak Membawa Power Bank

Jangan pernah lupa membeli power bank sebelum kamu pergi. Kebutuhan pemakaian alat elektronik untuk menunjang aktivitas sehari-hari mewajibkan kita untuk mengisi ulang baterai alat-alat tersebut. Di tempat tinggal baru kamu di luar negeri belum tentu alat-alat elektronik kamu cocok dengan stop kontak di sana.

  1. Tidak Menuliskan Nama pada Bagasi.

Jangan lupa menuliskan nama kamu di bagasi dengan tanda yang menyolok atau khas. Di bandara internasional yang besar, padat, dan sibuk tidak memungkinkan kamu melawan massa untuk dapat menemukan tas kamu. Pasang suatu tanda yang besar dan mudah diidentifikasi di bagasi kamu agar cepat ditemukan.

SUDAH SIAP KE LUAR NEGERI???

Setelah membaca berbagai penjelasan di atas, kami berharap kamu akan lebih yakin untuk menuntut ilmu ke luar negeri. Agar lebih yakin, simak cerita-cerita lebih lanjut di buku-buku selanjutnya, yang akan membahas lebih detail lagi tentang hal-hal teknis di luar negeri.

All the best!

img_2668

Materi-Materi diatas dapat kamu dapatkan di Buku Jurus Kuliah Ke Luar Negeri. Dapatkan Segera di kontak 082242990083

Advertisements